Berita

Siswa SMKN 2 Banjar Raih Proyek Terbaik-3 Kelas Python Data Science di Bootcamp Digital Skills 2022

"Tiga Proyek Terbaik" Kelas "Python - Data Science" pada program Sanbercode Bootcamp Digital Skills #31, 2022.

Salah satu siswa berprestasi SMKN 2 Banjar yang sebelumnya pernah mengikuti LKS SMK Lomba bidang: ITNSA 2021, Sigit Irawan (XII-TKJ-03), kembali berhasil menambah deretan prestasi lainnya.

Tahun ini di bidang teknologi di luar kompetensi keahlian TKJ: Python Data Science (tingkat dasar) dalam kegiatan Sanbercode Bootcamp Digital Skills Batch #31 2022, yang diselenggarakn pada tanggal 3 – 28 Januari 2022.

Kelas Python - Data Science

Gambar 1. Ikon Kelas Python – Data Science

Pada kegiatan bootcamp intensif selama 4 pekan ini, peserta dituntut untuk belajar setiap hari, diberikan tugas harian, dan quiz di setiap akhir pekannya.

Fasilitas Sanbercode Bootcamp Digital Skills

Gambar 2. Fasilitas Sanbercode Bootcamp Digital Skills

Selama belajar secara daring ini, peserta didik (Sigit Irawan) mengikuti bootcamp tersebut dengan sangat riang gembira, karena waktu luangnya saat BDR (Belajar Dari Rumah) digunakan dengan aktivitas yang sangat produktif sesuai dengan minatnya.

Pada kegiatan bootcamp pada batch #31 ini, peserta yang terdaftar berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda – beda, pada umumnya adalah mahasiswa dan yang sudah lulus/bekerja (profesional). 

Kurikulum yang digunakan di kelas bootcamp ini dijelaskan di: Kurikulum Python – Data Science (Tingkat Dasar)

Peserta didik merasakan begitu banyak sekali ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini, saat pengerjaan quiz yang diadakan setiap akhir pekan, soal – soal yang ditanyakan termasuk di luar dugaan (yang biasa ditemui pada umumnya), namun itulah yang membuat kegiatan ini dinilai bagus dan menantang, peserta diajak untuk berpikir dengan tingkat yang lebih tinggi (Higher-Order Thinking Skills /HOTS) , sehingga peserta diberi kesempatan untuk dapat mengeksplorasi keahliannya menjadi semakin luas.

Tiga Proyek Terbaik - Sigit Irawan - Python Data Science

Gambar 3. Proyek Terbaik-3 (peserta: Sigit Irawan)

Pada saat di minggu ke-4 (tugas terakhir) peserta diberikan tugas berbasis proyek (Final Project) dalam bentuk permasalahan yang harus diselesaikan dengan algoritma yang sudah dipelajari saat bootcamp.

Proyek yang dikerjakan tentu saja harus tepat waktu (waktu itu hanya disediakan 4 hari) sebagai syarat lulus kegiatan bootcamp ini.

Nilai 90 - Sigit Irawan - Python Data Science

Gambar 4. Perolehan Nilai Proyek Terbaik-3

Pada tanggal 3 Februari 2022, pengumuman/wisuda lulusan Data Science Batch #31 ini diselenggarakan lewat Zoom Meeting dan ditayangkan secara langsung di Youtube bersama dengan Sanbercode Bootcamp Digital Skills di 13 kelas lainnya (tonton bagian kelas Python – Data Science di detik: 01:54:07 ):

Khusus pada kelas Python – Data Science, lulusan pada batch ini sebanyak 58 peserta dan dipilih 3 peserta yang ditentukan oleh mentor/juri, peserta mana saja yang terbaik di kategori-kategori berikut ini: 

  1. Peserta Terbaik
  2. Peserta Terbaik
  3. Final Project Terbaik

Alhamdulillah peserta dari SMKN 2 Banjar (Sigit Irawan) berhasil masuk ke kategori proyek terbaik nomor 3 (lihat pengumumannya di Youtube, detik: 3:10).

 

"Tiga Proyek Terbaik" Kelas "Python - Data Science" pada program Sanbercode Bootcamp Digital Skills #31, 2022.

Gambar 5. Poster Proyek Terbaik-3 Kelas Python – Data Science

Kegiatan ini memberikan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang dapat diperoleh baik dari mentor dan maupun dari peserta di batch tersebut. Sungguh sebuah investasi tenaga dan waktu yang sangat berharga dan mengesankan.

Sertifikat - Sigit Irawan - Python Data Science - 2022

Gambar 6. Sertifikat Kegiatan Kelas Python – Data Science

Semoga bermanfaat tidak hanya untuk peserta, namun juga untuk kebaikan dunia dan akhirat kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *