Berita

Juara 3 Tingkat Nasional High School AWS Honeycode Competition

Pada tanggal 5 Oktober 2021, siswa SMKN 2 Banjar mendapatkan Juara III Tingkat Nasional di lomba High School AWS Honeycode Competition yang diselenggarakan pada tanggal 13 September 2021 oleh Amazon Web Service (AWS), Education Program.

Trofi Juara 3 - Junior Cloud Developer Competition

Berikut adalah para pemenang High School AWS Honeycode Competition 2021 :

  1. Juara I : SMK Pembangunan YPT Palembang – Team Autoboy
  2. Juara II : SMK Negeri 1 Banyumas – Team SCHOOLER
  3. Juara III : SMKN 2 Banjar – Team FindTech’s

Dalam lomba tersebut siswa/pelajar dari SMA, SMK ataupun pendidikan sederajat ditugaskan untuk membuat sebuah aplikasi yang membantu kegiatan belajar mengajar, atau meningkatkan kinerja siswa menggunakan AWS Honeycode dengan karya yang original, berikut adalah contoh pembuatannya.

Setelah melihat contoh video tersebut, tim FindTech’s dari SMKN 2 Banjar yang terdiri dari :

  1. Lukmanul Hanif (XII-TKJ-03)
  2. Rizkia Fazar Ramadhan (XII-TKJ-03)
  3. Rendy Ardiansyah (XII-TKJ-01)

yang di bimbing oleh Bapak Andi Sugandi, melakukan perencanaan, perancangan dan pembuatan aplikasi yang sesuai dengan kriteria perlombaan. Selanjutnya penggunaan aplikasi direkam dan dikirim ke YouTube untuk dinilai oleh panitia/juri.

Pembuatan video mengenai aplikasi yang dibuat dengan durasi maksimal 5 menit, batas terakhir video dikumpulkan yaitu pada tanggal 21 September 2021 pada pukul 23:59 sesuai dengan ketentuan dari juri. Berikut adalah video dari Tim SMKN 2 Banjar.

 

 

Berikut adalah 5 kelompok terbaik yang diumumkan pada tanggal 27 September 2021  :

  1. SMKN 1 TEBAS ( Panji )
  2. SMKN 2 BANJAR ( FindTech’s )
  3. SMK Negeri 1 Banyumas ( SCHOOLER Team )
  4. SMK SAKTI GEMOLONG ( LEARNING POINTS TEAM )
  5. SMK Pembangunan YPT Palembang ( AutoBoy )

Kemudian penjurian lanjutan dilakukan pada tanggal 28-30 September 2021.

Dalam penjurian lanjutan, 5 kelompok tersebut diwawancarai satu per satu oleh pak Furin Ongko (AWS Education Program Manager). Kelompok tersebut diberikan pertanyaan tentang karya yang dibuat oleh kelompok masing-masing. Pertanyaan tersebut berisi tentang perkenalan team, kemudian tentang latarbelakang pembuatan aplikasi tersebut.  Apakah aplikasi ini bisa digunakan dalam waktu lama, berapa lama pembuatan aplikasi tersebut dan apakah aplikasi ini bisa dikembangkan.

Juara 3 Tingkat Nasional - Junior Cloud Developer Competition

Pada masa mendatang, semoga aplikasi yang telah dibangun dapat dikembangkan lebih lanjut dan dapat dikolaborasikan dengan bidang lain yang terkait, sehingga tidak hanya dapat dimanfaatkan di lingkungan kegiatan sekolah di SMKN 2 Banjar, namun juga dapat diiimplementasikan di ranah yang lebih luas.

Penyerahan Plakat Junior Cloud Developer Competition 2021

Penghargaan dari sekolah kepada Tim ini telah diberikan pada saat Apel Pagi di SMKN 2 Banjar pada tanggal 11-Oktober-2021, bersama dengan Tim Duet DR untuk perlombaan Cloud Computing Club Competition (C4) Regional Jawa Barat 2021 (Kategori SMK), dan Tim LKS Tingkat Provinsi Jawa Barat 2021 untuk mata lomba TEI dan ITNSA (TKJ).

Leave a Reply

Your email address will not be published.